Prinsip Desain UI

Rabu, 01 September 2010


Accessibility
Plurk dapat diakses oleh semua orang asalkan calon pengguna dapat terkoneksi dengan jaringan internet.
Aesthetically Pleasing
User Interface dari Plurk dibuat sesederhana dan semudah mungkin , tidak seperti facebook yang terlalu ramai, penuh dan sangat ribet. Pada tampilan layar Plurk, yang menjadi pokok utama microblogging ini adalah timeline status , kotak tempat pengetikan status pengguna dan jumlah ‘karma’ pengguna. Background pun dapat diganti sesuka hati oleh pengguna menggunakan template yang telah disediakan oleh penyedia layanan microblogging ini.
Availability
Ketersediaan dalam microblogging ini dapat dijumpai dalam satu waktu, contohnya ‘alert’ dan ‘responses’ dapat terlihat dalam satu waktu. Serta, peningkatan jumlah ‘karma’ pengguna dapat dilihat setiap pengguna masuk ke dalam akun plurk-nya.
Clarity
Secara konsep, visualisasinya jelas terlihat. Seperti, jika ada response baru bisa dengan jelas dilihat oleh pengguna. Tampilan ‘badge’, friend list, fan list juga terlihat jelas pada akun pengguna.
Compatibility
Microblogging Plurk sesuai dengan kompatibilitasnya sebagai microblogging yang hanya bertujuan sebagai alat jejaring social yang mengutamakan pada status pengguna.
Configurability
Dari segi ini, Plurk menawarkan kemudahan bagi para penggunanya untuk mengganti konfigurasi akun mereka. Cukup dengan meng-klik ‘My Profile’ atau ‘My Acoount’, para penggunanya sudah dapat langsung merubah konfigurasi. Atau para pengguna dapat mengubah segi bahasa dan pilihan lainnya pada bagian bawah kotak penulisan status
Consistency
Untuk masalah ini, Plurk tetap sama dengan MicroBlogging lainnya, seperti http://twitter.com, pada UI nya terdapat kotak tempat menuliskan status dan fungsi untuk penyetujuan status untuk ditampilkan (Dalam Plurk, ini terdapat pada sebelah kotak status, kotak bertuliskan “Plurk”. Sehingga, para pengguna yang sudah pernah memakai microblogging tidak akan sulit menggunakan situs ini.


Control
Jika pengguna ingin melihat status yang telah lalu, pengguna dapat menggeser ke kanan di bagian timeline. Pengguna hanya diminta untuk menggeser tanda. Pengoperasian microblogging ini mudah sekali, walaupun anda baru pertama kali menggunakan microblogging.
Directness
Tidak menemukan adanya prinsip ini
Efficiency
Efesiensi banyak hilang pada wesite ini karena banyaknya status yang tertulis di timeline, sehingga membuat bingung pengguna untuk membacanya. Kekurang teraturan itu tidak membuat semua orang menyukainya. Mata harus melihat ke berbagai arah di timeline.  
Familiarity
Pada saat pertama kali menggunakan plurk, pengguna akan merasa sedikit bingung seperti dimana menemukan pengaturan untuk mengeset  background, tema dll. Oleh karena itu, user interface dari plurk kurang familiar oleh non-pengguna, contohnya saja link “alert” pada pojok kiri atas yang belum familiar di para pengguna plurk baru.
Flexibility
Pengguna Plurk dapat mengakses situs jejaring social ini baik melalui computer atau telepon selular. Hanya saja jika menggunakan telepon selular, pengguna akan melihat bentuk UI yang dirancang untuk telepon selular, yang lebih sederhana dibandingkan versi computer-nya.
Forgiveness
Plurk tidak memenuhi prinsip forgiveness, contohnya bila kita salah menuliskan emoticon maka plurk tidak memperbaiki kesalahan tersebut. Emoticon Plurk dapat ditampilkan dengan meng-klik emoticon tersebut atau menuliskan definisi emoticon tersebut. Misalkan emoticon (annoyed) dapat ditulis text atau meng-klik emoticon tersebut. Namun, jika pengguna kurang menuliskan huruf d saja pada kata annoyed, pengguna tidak akan dapat menampilkan emoticon tersebut.
Immersion
Pada saat membuka plurk pertama kali (pada saat log in), perhatian user langsung tertuju pada dua kotak di tengah (syarat log in). Jadi prinsip User Interface pada halaman utama plurk terpenuhi. Pada saat user telah masuk ke dalam halaman pribadi plurknya. User disuguhkan dengan kotak untuk menuliskan apa yang kita pikirkan, harapkan, dan lain-lain sehingga user dapat langsung menuliskan kotak plurk tersebut. Selain itu, tampak informasi umum dari pengguna maka prinsip immersion sudah terpenuhi.
Obviousness
Pemahaman untuk penggunaan plurk ini bisa dikatakan mudah bila tujuan kita hanya menuliskan apa yang sedang kita pikirkan, harapkan ataupun yang lain. Akan tetapi, untuk pengeditan tema maupun background bisa dikatakan tidak terlalu mudah. Selain itu, terdapat banyak tag yang terpisah baik disisi atas, tengah maupun bawah, terdapat tag yang dalam hal ini mungkin bisa dihilangkan karena berarti ganda, yaitu invite/find friend. Tanpa tag diatas pun user dapat menggunakan pilihan ini karena sudah terdapat di kotak tengah, yang tampilannya lebih menarik sehingga dapat membantu pemahaman user.
Operability
Plurk dalam segi pengoperasian dapat dilakukan oleh siapa pun. Namun jika dikaitkan dalam operability secara fisik (hardware), ini tidak ada hubungan terhadap Plurk secara langsung. Jika hardware mendukung, maka semua orang dapat mengaksesnya. Pengaksesan plurk juga mudah,dapat  melalui internet pada PC ataupun handphone.
Perceptibility
Plurk merupakan mikroblogging sehingga dalam hal persepsi dengan panca indra, cenderung pada penglihatan saja karena disini kita dapat melihat warna" yang digunakan, desain background dan visualisasi lewat desain pada layar.
Positive first impression
Plurk memiliki beberapa kesan yang sangat baik untuk para user. Batas-batas  antar warna yang digunakan dapat dipilih sesuai keinginan user,penampilan layar juga sedikit berbeda dengan web biasanya.  Biasanya kita melihat web, navigasinya ke atas dan bawah,namun pada plurk postingan atau komentar  dapat dilihat dengan menggeser ke kanan atau ke kiri. Hal ini yang membuat sesuatu yang  baru bagi user.  Selain itu dengan background yang bisa diganti tiap waktu, membuat user  tidak jenuh.
Predictability
Dalam segi perkiraan,plurk mungkin hanya menyediakan beberapa pilihan untuk mengubah custom tema atau background agar tidak monoton.
Recovery
Untuk pemulihan, plurk menyediakan menu kembali/back/undo/delete untuk setiap postingan baru. Sehingga jika terjadi kesalahan tulis maka dapat diperbarui.
Safety
Plurk termasuk cukup aman sebagai salah satu situs jejaring sosial yang cukup terkenal. Di Plurk juga tersedia layanan private massage jika user ingin mengirimkan pesan kepada teman tertentu saja yang tidak ingin dilihat oleh orang lain.


Simplicity
Plurk tampilannya termasuk sangat simple dan praktis tapi juga kreatif dan tidakmembosankan apalagi dengan adanya kemudahan dalam mengganti theme. Pada saat pertama membuka website, kita langsung dihadapkan pada tampilan yang sangat sederhana tapi cukup menarik dan langsung terdapat menu login dan register sehingga dapat cepat menemukan apa yang diperlukan. Menu dan berbagai layanan aplikasinya tersembunyi dan hanya akan muncul saat memang dibutuhkan sehingga tidak terlalu memenuhi layar dan tidak mengganggu saat user sedang bekerja. Di Plurk, kesederhanaan tampilan yang tidak membosankan merupakan salah satu aspek user interface yang menonjol dan menarik perhatian.
Transparency
Sebagai website bertipe microblogging Plurk sangat mudah penggunaannya karena pada halaman pertama setelah melakukan log in  user dapat langsung melakukan tujuan utama dari terbentuknya Plurk,yaitu menulis status user dan memungkinkan user melihat status-status yang ditulis teman-temannya. User tidak perlu repot-repot memikirkan bagaimana melakukan ini dan itu karena Plurk sangat transparan dan akan langsung membawa user ke tampilan utama untuk mulai bekerja.
Visibility
Prinsip visibilitas yang diterapkan dalam Plurk juga cukup bagus. Berbagai macam fasilitas yang mereka sediakan dikelompokkan ke dalam kategori-kategori yang secara umum telah dikenal para pengguna internet. Kemudian fasilitas-fasilitas itu disimpan dalam menu-menu yang dinamai sesuai kategori-kategori tersebut sehingga ketika user mencari fasilitas tertentu, dengan cepat mereka dapat menemukan apa yang mereka cari karena nama-nama menu yang ada sudah cukup logis dan mampu membuat user mengenal/memprediksi apa yang biasanya tersimpan dalam menu tersebut. Prinsip visibilitas ini juga berhubungan dengan prinsip simplicity dimana tampilan tidak terlihatterlalu penuh karena fasilitas-fasilitas khusus disimpan di dalam menu-menu dan tidak akan ditampilkan sampai mereka sengaja diaktifkan sehingga tidak mengganggu kerja user.
Trade off
Tidak menemukan prinsip ini pada Plurk.
               

0 komentar:

Posting Komentar

icetea_blog Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino