tentang 'SKJ'

Rabu, 26 Mei 2010

SKJ atau Sistem Jaringan Komputer merupakan suatu jaringan kerja atau sambungan antara dua atau lebih dari komputer sehingga dapat berkomunikasi antara yang dengan yang lain.
dalam hal ini ada 3 jenis jaringan komputer yang sering kita jumpai, di antaranya:
a. local-area network (LAN) : sebuah jaringan komputer yang area atau wilayahnya local dalam satu ruang, antar ruang maupun antar gedung dalam satu instasi atau perusahaan.

b. metropolitan-area network (MAN) : jaringan komputer yang area atau wilayahnya dalam satu kota. (kecamatan/kabupaten/kota).

c. wide-area network (WAN) : jaringan komputer yang areanya dalam satu wilayah geografis (satu pulau/benua). Sarana penghubung jaringan ini dapat menggunakan kabel telepon maupun wireless.
namun, jaringan ini bisa terhubung lagi secara luas ke dalam jaringan internet.
ada juga istilah intanet dan extranet.


mengenai topologi jaringannya, ada beberapa jenis topologi yang bisa dipakai, misalnya :
a. Topologi Bus/Linear
 topologi yang kedua unjung jaringan harus diakhiri dengan sebuah terminator. Barel connector dapat digunakan untuk memperluasnya. Jaringan hanya terdiri dari satu saluran kabel yang menggunakan kabel BNC. Komputer yang ingin terhubung ke jaringan dapat mengkaitkan dirinya dengan mentap Ethernetnya sepanjang kabel. dengan topologi bus ini pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain namun bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.
Linear Bus: Layout ini termasuk layout yang umum. Satu kabel utama menghubungkan tiap simpul, ke saluran tunggal komputer yang mengaksesnya ujung dengan ujung. Masing-masing simpul dihubungkan ke dua simpul lainnya, kecuali mesin di salah satu ujung kabel, yang masing-masing hanya terhubung ke satu simpul lainnya.(sistem client-server)
b. Topologi ring, 
topologi jaringan yang merupakan tpologi pengembangan dari jaringan bus dimana setiap titik terkoneksi ke dua titik lainnya, membentuk jalur melingkar membentuk cincin, kelemahannya komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan
c. Topologi star
topologi jaringan yang berupa percabangan/konvergensi dari node/titik tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah. Keunggulannya jika menggunakan topologi ini adalah kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut,kemanannya tinggi, tahan terhadapat sibuknya lalu lintas dan pengembangan jaringan mudah, namun kelemahannya jika masalah yang terjadi pada node di tengan maka akan menimbulkan masalah besar.
d. topologi Tree
merupakan pengembangan dari jaringan star, dimana salah satu titik/node di cabang lagi menjadi beberapa workstation.
e. Hibrid
f. Extended

0 komentar:

Posting Komentar

icetea_blog Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino