apa itu silverlight ??

Selasa, 01 Juni 2010

Melihat hasil teknologi sekrang rasanya tidak asing lagi dengan web yangberisi konten konten menarik seperti video,animasi , suara, fitur-fitur keren lainnya. Nah , untuk bisa menampilkan semua konte tersebut denga apik  para programmer telah meluncurkan  aplikasi baru pada web browser kita..Jeng …jeng, ,, , silverlight ?? yups mungkin sekarang sudah tidak asing lagi mendengar kata itu. SilverLight adalah sebuah tool berbasis web yang digunakan untuk menyajikan User Interface yang menarik dan kaya akan konten. Dalam hal ini, silverlight mempunyai kemiripan dengan adobe flash. Silverlight mensyaratkan developer dan user web untuk mendownload sebuah aplikasi client. Tanpanya, web browser tidak dapat memproses Silverlight. Dengannya, developer dapat menggabungkan video streaming, audio, dan animasi ke dalam halaman web. Di www, system ini dikenal dengan sebutan Rich Internet Application ( RIA )

.Bagi kalangan programmer ataupun developer, SilverLight adalah tools, namun bisa juga disebut sebagai Add-On bagi kalangan awam. Untuk bisa mengakses sebuah website yang menggunakan SilverLight, maka kita harus terlebih dahulu menginstal SilverLight tersebut ke dalam komputer kita
Cara instal SilverLight sendiri cukup mudah. Setelah anda download, klik aja 2 kali untuk mengeksekusi programnya. Setelah selesai, maka browser yang telah didukung SilverLight (saat ini IE) secara otomatis akan mampu untuk menampilkan kecanggihan yang dimiliki oleh situs yang menggunakan SilverLight.
Arsitektur Silverlight
platform Silverlight memiliki susunan tertentu daru fungsi-fungsi dan fitur-fitur yang disebut arsitektur, yakni gambaran tentang bagaimana sebuah program bekerja. Arsitektur mengelompokkan dan menyatukan berbagai tugas dalam sebuah alur logis, dan menunjukkan bagaimana bagian-bagian yang berbeda tersebut bekerja sama untuk menghadirkan keseluruhan layanan.
Arsitektur platform silverlight terbagi menjadi dua komponen utama, dengan sebuah installer tambahan dan elemen untuk updating. Kedua komponen utama ini mencakup Framework inti dan Framework .NET untuk silverlight. Framework inti presentasi berisi hal-hal berikut :
§  User Interface (UI) rendering engine, yang meng-generate semua tampilan grafis, animasi, dan teks di dalam aplikasi.
§  Input Interface, yang menangani semua input dari perangkat seperti keyboard, mouse dan layar sentuh ( touch screen ).
§  Media engine, yang mendukung beberapa format audio video
§  Digital right management, yang memungkinkann developer untuk mengontrol media yang ada di aplikasi.
§  Dukungan untuk mengontrol aplikasi.
§  Dukungan untuk layout UI yang dinamis, yang memungkinkan developer mengubah tampilan UI secarareal-time.
§  Dukungan untuk data binding, yang menghubungkan elemen UI dengan objek data di dalam aplikasi.
§  XAML parser.
Framework .NET mencakup fitur-fitur di bawah ini :
§  Dukungan untuk fitur Languange Integrated Query (LINQ), yang memungkinkan developer mengitegrasikan data dari berbagai sumber yang berbeda.
§  Class library, yang mendukung fungsi-fungsi dasar pemrograman seperti kriptografi.
§  Seperangkat fitur yang disebut Windows Communication Foundation ( WCF), yang di desain untuk memudahkan aplikasi mengakses data dan layanan remote.
§  Dynamic Languange Runtime (DLR), elemen yang mendukung aplikasi yang ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman.
§  Common Languange Runtime (DLR), komponen yang menangani manajemen memory dan fungsi-fungsi kritikal lainnya.



by :Chikmonk.web.id

0 komentar:

Posting Komentar

icetea_blog Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino