Perbandinagn NTFS dengan FAT dan FAT 32

Jumat, 18 Juni 2010


NTFS selalu memilki kelebihan disbanding dengan system file FAT atau FAT32. Windows 2000, Windows XP dan keluarga system operasi Windows Server 2003 mengemas system file NTFS baru yang mendukung beberapa fitur termasuk Active Directory yang diperlukaan untuk domain, user account dan fitur keamanan lain. FAT dan FAT32 memilki kesamaan satu sama lain, terkecuali system file FAT32 didesain untuk penggunaan disk yang lebih besar. Tetapi system file yang dapat menangani disk dengan kaspaitas terbesar hanya NTFS. 
Pilihan menggunakan system file tertentu tidak mengakibatkan efek pada saat akses file melalui jaringan. Sebagai contoh dengan menggunakan system file NTFS pada seluruh partisi server tidak mempengaruhi hubungan client dalam jaringan untuk mengakses folder atau file yang telah di-share pada server tersebut, meskipun komputer client menggunakan sistem operasi yang tidak mendukung sistem file NTFS atau NTFS baru, seperti Windows 98 atau Wondows NT.
NTFS/Windows NT File System merupakan sebuah system berkas yang dibekalkan oleh Microsoft dalam keluarga Sistem Operasi Windows NT yang terdiri dari Windows NT 3.x (NT 3.1,NT 3.50 , NT 3.51), Windows NT 4.x (NT 4.0 dengan semua Service Pack miliknya), Windows NT 5.x (Wndows 2000, Windows XP dan Windows Server 2003) serta Windows NT 6.x (Windows Vista).
 
System berkas NTFS memiliki sebuah desain yang sederhana, tapi memiliki kemampuan yang lebih, dipentingkan keluarga system FAT, NTFS menawarkan beberapa fitur yang dibutuhkan dalam lingkungan yang terdistribusi seperti halnya pengaturan akses ACCESS CONTROL, siapa saja yang berhak mengakses sebuah berkas/directory penetapan kuorta, berapa banyak setiap pengguan dapat menggunakan kapasitas Hardisk, Fitur Enkripsi serta toleransi terhadap kesalahan )Fault Tolerance).
Fitur-fitur standart sebuah system berkas, seperti halnya directory hashing, directory caching, penggunaan atribut directory dan atribut berkas, tentu saja telah dimiliki oleh NTFS. Bahkan Microsoft telah menambahkan kemampuan yang hebat kedalam NTFS agar memiliki kinerja yang tinggi, lebih tinggi dari pada system berkas sebelumnya semacam HPFS/FAT khususnya, pada ukuran volume yang besar tapi juga tetap mempertahankan kemudahan pengoperasiannya.
Salah satu keunggulan NTFS dibandingkan dengan system berkas lainnya adalah bahwa NTFS bersifat extensible (dapat diperluas) dengan menambahkan fungsi yang baru di dalam system operasi tanpa harus merombak desain secara keseluruhan (perombakan mungkin dilakukan tapi tidak secara signifikan).
Sumber : tugas k-8 INstalasi GUI SMK.


1 komentar:

Joulecar mengatakan...

Teh, kalau ndud beudh tu pake nya FAT brapa yag??

Posting Komentar

icetea_blog Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino