Superkomputer

Jumat, 18 Juni 2010


Superkomputer adalah komputer dengan kemampuan luar biasa karena didukung ribuan prosesor dengan kemampuan proses perhitungan hingga menembus batas petaflops. Dahulu kala computer pertama kali besarnya sungguh tidak dapat dibayangkan dan kemampuannya masih sangat terbatas. Seiring perkemban gan dan sampai dengan sekarang computer semakin canggih dan bentuknya sangat bervariasi. Selain itu berat yang dimiliki semakin ringan dan mudah untuk dibawa kemana mana. Kenyataan ini sesuai dengan kalimat dari  Popular Mechanics (1949)"Komputer di masa depan beratnya tidak akan lebih dari 1,5 ton." Dengan munculnya era digital, komputer makin berkembang secara dahsyat. Salah satu superkomputer yang pertama adalah dari jajaran mesin-mesin Konrad Zuse. Dibuat tahun 1930-an dan 40-an, merupakan komputer-komputer pertama yang bisa diprogram sekaligus multi-function. Konrad Zuse juga jago melukis  dan pernah ikut pamern,dengan menggunakan nama samaran Kuno See. Kemudian setelah itu , Inggris, yang butuh mesin pemecah angka serius selama dalam perang, membangun mesin bernama Colossus . Tidak ketinggalan Amerika, mereka punya jajaran mesin sendiri yang powerful. Yang pertama adalah Model K, lalu ABC, diikuti oleh Automatic Sequence Controlled Calculator, dan kemudian muncul sang legenda, ENIAC.
ENIAC disebut sebagai suatu karya seni, otak elektronik sejati yang mampu melakukan perhitungan dengan luar biasa. Di masa kini kita dapat melakukan hal yang sama hanya dengan sebuah kalkulator murah. Tapi di tahun 1943, ENIAC adalah rajanya.

Setelah ENIAC datang EDVAC, dengan perubahan yang lebih banyak dari sekedar huruf-huruf. Didesain oleh si brilian John von Neumann, jajaran komputer-komputer ini merupakan lompatan monumental dalam kemampuan komputasi, fleksibilitas, dan kecepatan. Dalam catatan lain, awal 1945, mesin-mesin ini memunculkan terminologi "bug" untuk suatu masalah di mesin. Gara-garanya Grace Hopper, benar-benar memang menemukan serangga di sirkuitnya.
Yang menarik mengenai generasi baru superkomputer adalah bukan hanya mesin-mesin ini super-cerdas, tetapi juga sosoknya yang "super-sexy".MareNostrum, monster yang berlokasi di Barcelona ini mungkin cuma pernah menduduki peringkat ke-8 dari jajaran superkomputer paling powerful di dunia, tapi pastinya sosoknya adalah yang paling mengagumkan. Jajaran mesin-mesinnya menjulang di dalam ruangan kaca kontrol-cuaca, perpaduan sempurna nuansa abad 21 dan arsitektur kuno gedungnya. Mesin ini digunakan untuk kepentingan modelling cuaca hingga untuk membantu mengurai genome (genetik) manusia.
Untuk diketahui, hingga November 2008 superkomputer tercepat di dunia saat ini masih dipegang oleh IBM Roarunner yang didesain untuk menangani proses hingga 1,7 petaflops. Ditenagai dua jenis prosesor yaitu dari AMD Opteron 2210 dan IBM PowerXCell 8i. Mesin ini dibentuk oleh clustering 3240 komputer, masing-masing dengan 40 prosesor.
Perkembangan computer selalu dengan perkembangan transistor. Tahun 60-an, eranya transistor, memunculkan mesin-mesin komputer yang lebih besar dan lebih pintar. Dipimpin pabrikan-pabrikan utama seperti IBM, mesin-mesin ini menjadi raksasa lampu-lampu yang berkedip dan gulungan tape yang berputar, mampu menangani kekacauan prediksi cuaca sekaligus data-data pajak dengan segala kemudahannya.
"AMD punya sejarah panjang di dunia superkomputer. Tujuh dari 10 superkomputer tercepat, termasuk dua komputer paling kencang sedunia ditenagai oleh perangkat keras dari AMD." ujar CEO Dirk Mayer. "Sekarang ini, AMD dengan bangga mengumumkan jenis baru superkomputer yang belum pernah dibuat sebelumnya. Didesain untuk menembus batas satu petaflop, dan memproses 1 juta perhitungan melalui lebih dari 1000 graphic processors.
Daftar superkomputer yang pernah menjadi yang paling kencang di muka bumi  :
* IBM Roadrunner (sejak Juni 2008 - sekarang)
* IBM Blue Gene/L (November 2004 - Juni 2008)
* NEC Earth Simulator (Juni 2002 - November 2004)
* IBM ASCI White (November 2000 - Juni 2002)
* Intel ASCI Red (Juni 1997 - November 2000)
* Hitachi CP-PACS (November 1996 - Juni 1997)
* Hitachi SR2201 (Juni 1996 - November 1996)
* Fujitsu Numerical Wind Tunnel (November 1994 - Juni 1996)
* Intel Paragon XP/S140 (Juni 1994 - november 1994)
* Fujitsu Numerical Wind Tunnel (November 1993 - Juni 1994)
* TMC CM-5 (Juni 1993 - November 1993)
Melihat perkembangan sekarang…. Seolah manusia semakin tergantung dengan mesin. Dan mesin menjadi sahabat untuk menyelesaikan permasalahannya ia….

Sumber : geghans.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

icetea_blog Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino