sistem file

Jumat, 18 Juni 2010


Sistem operasi akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan jika Anda secara tepat menentukan pilihan sistem file yang akan digunakan. Setiap sistem file memiliki tingkat kompatibilitas tersendiri terhadap sistem operasi yang mendukung. Ada dua jenis file system yaitu :
Ø  File system FAT (file aalocation table)
Ø  File NTFS (new tecnologi file system)
FAT (FILE ALLOCATION TABLE)
Semua computer perlu system untuk memantau file-filenya yang ditaruh dalambentuk binary dalam disk, kalau tidak maka byte-byte itu hanyalah berupa sector-sektor yang tidak bisa diterjemahkan . System tersebut disebut File Allocation table (FAT) .Fat ini bertugas mentransfer  file ke dalam hardisk.
Jenis file system FAT ada dua yaitu:
ü  FAT 16
Menggunakan pengalamatan 16 bit, hanya mampu mengalamati partisi sampai 2 Gigabytes(kapasitas hardisk rendah 2-4 Gb). Jika kita pakai pada hardisk 6 Giga misalnya, maka kita harus mempartisi hardisk tersebut menjadi 3.

ü  FAT 32
File system yang digunakan pada Microsot Windows 95 dan Windows 98. System kembangan dari FAT 16 tersebut menyediakan alamat 32 bit protected mode untuk menandai cluster-cluster. System ini juga mundukung long file name.(kapasitas sedang, mulai 8 keatas sampai 20 Gb). FAT ini merupakan table yang merupakan daftar nama-nama file yang terdapat dalam boot sector. FAT juga dapat diartikan sebagai table yang dibuat oleh DOS dalam menentukan : keberadaan suatu file dalam disk, gangguan-gangguan pada sector tertentu, sector-sector pada disektor yang belum digunakan.

NTFS (New Technology File System)
          NTFS merupakan salah satu file pada system operasi Windows NT dan Windows 2000, berungsi menjaga keamanan file dan folder serta mampu melakukan pembetulan bad sector. NT sendiri merupakan New Technology, singkatan yang digunakan oleh system operasi yang dikeluarkan Microsoft. Kapasitasnya bisa menerima diatas 20 Gigabyte bahkan sampai 1 terra(dipakai untuk hardisk ukuran besar). Sistem ini memungkinkan anda untuk mengatur izin-izin akses ke file dan folder yang menggunakan system file tersebut. Izin ini dinamakan izin NTFS (NTFS Permission). File System ini untuk Microsoft Windows NT. NTFS ini dipandang lebih baik daripada FAT 32 dan tidak punya keterbatasan ukuran cluster. Walaupun kadang kali untuk keadaan tertentu sebuah space yang nonaktif/terisi sebagian menghabiskan banyak sekali space hardisk dibandingkan system lain. NTFS juga menyediakan control permisi akses dan dukungan RAID.
Cara member ijin NTFS :
         Jika system file yang dipakai adalah NTFS, maka pada jendela Keuangan Properties akan tampil lembar tap Security.
         Klik jendela Security menu bar dan akan tampil jendela security.NTFS mempunyai sejumlah jenis izin seperti Read (membaca),Write (menulis), List of folder content (datar isi folder) hanya untuk izin older saja, Read and excecute (membaca dan mengeksekusi), Modify (mengubah dan menghapus juga menulis, membaca dan mengeksekusi), Full Controll (memiliki semua izin diatas, serta dapat mengubah izin dan mengambil alih/take ownership)
Kombinasi Izin Sharing dan Izin NTFS
Agar seorang pemakai/group pemakai dapat akses ke suatu NTFS file/folder, maka folder tersebut harus dikonfigurasikan dulu agar dapat dipakai bersama, kemudian NTFS baru dapat diberikan pada file/folder tersebut. Jadi pemakai/group pemakai harus memiliki izin sharing dan izin NTFS untuk dapat akses ke file dan folder NTFS.
Beberapa fitur yang dapat anda manfaatkan bila menggunakan system file NTFS adalah
-          Skalabilitas yang lebih baik pada drive berkapasitas besar. Partisi atau volume maksimal untuk system file tersebut jauh lebih besar dari system FAT dan saat ukuran partisi atau volume ditingkatkan, system file NTS tidak mengalami penurunan performa seperti yang terjadi pada system file FAT.
-          Active Directory dan juga domain yang merupakan bagian dari Active Directory. Dengan Active Directory, anda dapat memantau danmelakukan control sumber jaringan secara mudah. Dengan domain, anda dapat melakukan pengaturan opsi keamanan dengan tetap mempertahankan tugas administrasi dengan mudah. Domain controller dan Active Directory memerlukan system file NTFS
-          Fitur Kompresi, termasuk kemapuan untuk melakukan compress atau uncompress suatu drive, folder, atau file yang ditentukan.
-          Enkripsi file yang secara signifikan meningkatkan factor keamanan.
-          Pengaturan permission yang dapat diatur pada file individual.
-          Remote Storage yang memberikan pengembangan ruang disk dengan membuat media removable menjadi lebih mudah diakses.
-          Recovery logging untuk memantau aktivitas disk yang mengijinkan NTS mengembalikan informasi dengan cepat pada saat terjadi kegagalan aliran listrik atau masalah yang timbul dalam system.
-          Disk Quotas yang dapat anda gunakan untuk memantau dan melakukan control kapasitas disk yang telah digunakan oleh user.

(postingan kali ini merupakan hasil tugas saat sma,, mungki n sedikit menambah informasi, namun jika ad perlembangan dan perubahan silakan berikan komentar, terimakasih.



0 komentar:

Posting Komentar

icetea_blog Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino